Brain Foods

Kamis, 24 November 2011

Karena kesibukan kita yang selalu dihadapkan dengan berbagai urusan yang bertumpuk-tumpuk, secara tidak sadar kita merasakan daya ingat semakin lama semakin menurun. Hal ini tentu saja membuat kita kadang-kadang sebal, dongkol dan kesal sendiri. Karena untuk mengingat hal-hal kecil saja sangat susah dan perlu banyak waktu. Hingga pada akhirnya, urusan yang seharusnya sepele menjadi serius.
Banyak sekali obat-obatan dan herbal yang ditawarkan dalam iklan-iklan di televisi untuk mengembalikan daya ingat kita seperti sebelumnya. Tapi, tahukah bahwa sebenarnya ada jenis bahan makanan tertentu yang bisa membantu meningkatkan daya ingat kita? Inilah 10 jenis makanan yang dapat meningkatkan daya ingat kita:
1. Ikan
Mungkin anda belum menyadari bahwa ian bisa meningkatkan daya ingat. Riset terbaru menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli, asam lemak itu terdapat pada makanan jenis ikan. Jadi, tidak ada salahnya anda sering-sering mengonsumsi ikan.
Berbagai jenis ikan dapat anda konsumsi. Namun, untuk membantu daya ingat, ikan air tawar, seperti salem, trout, tuna, herring, makarel dan sarden lebih disarankan. Sebab, jenis ikan ini mengandung banyak gizi, sebagaimana lesitin (kolin), fenilalanin, asam ribonukleat, DMAE, tirosin, vitamin B6, niasin, tembaga, protein, seng, asam lemak omega-3 (DHA) dan vitamin B12.
2. Telur
Makanan kedua yang perlu anda konsumsi sebagai usaha untuk meningkatkan daya ingat adalah telur. Telur menjadi salah satu makanan yang umumnya dikonsumsi oleh masyarakat kita. Telur bisa dimasak dengan berbagai cara, dari digoreng biasa hingga dibaluri dengan bumbu dapur. Telur dikenal sebagai sumber protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau.
3. Daging ayam dan sapi tanpa lemak
Ayam, daging dari hewan jenis ini mengandung fenilalanin, vitamin B6, niasin dan protein. Selain ayam, daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi yang bermanfaat untuk daya ingat anda (zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anda tetap berenergi dan berkonsentrasi). Daging sapi juga mengandung memelihara daya ingat. Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, tubuh anda akan terbantu dalam menyerap zat besi dari sumber makanan lainnya.
Khusus bagi yang vegetarian, anda dapat memanfaatkan kacang hitam dan burger kedelai sebagai pilihan. Kacang-kacangan adalah sumber penting zat besi ninheme, tipe zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk diserap oleh tubuh. Mengonsumsi tomat, jus jeruk dan stroberi juga dapat dipilih sebagai upaya untuk mencukupi kebutuhan zat besi.
4. Produk susu rendah lemak
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neutrotransmitter dan enzim. Susu juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D, bahkan sepuluh kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.
Melihat pentingnya susu, maka anda yang sedang berlatih meningkatkan daya ingat, disarankan untuk banyak meminum susu. Setiap pagi hari dan malam sebelum tidur, meminum segelas susu bisa menenangkan pikiran serta menyegarkannya kembali.
5. Kacang-kacangan
Sekali lagi, jenis makanan kacang-kacangan banyak manfaatnya untuk memori dan otak anda. Kacang menjadi makanan spesial, sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks, selain itu juga kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang adalah makanan yang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anda pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan jenis kacang lainnya.
6. Sayur-sayuran
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel dan bayam adalah sayuran yang kaya akan nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat. Jika anda sering memakan sayuran tersebut, maka ingatan anda akan jernih sehingga akan memudahkan untuk mengingat berbagai informasi yang anda dapat.
7. Oat atau oatmeal
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling popular di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting untuk otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak dalam mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang hari. Oat juga merupakan sumber vitamin E,vitamin B, potassium dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.
8. Gandum
Otak membutuhkan suplai atau ketersediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.
9. Selai
Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.
10. Berry
Secara umum, semakin kuat warna berry, semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Berry mengandung antioksidan yang tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan stroberi mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingat. Dr. James Joseph, Direktur Laboratorium Neuroscience di Tufts University Boston, juga mengatakan bahwa buah berry dapat membantu mencegah peradangan yang bisa menimbulkan penyakit lupa.

 
Happy Apple